Sejarah Desa

Jatigembol.ngawikab.id – Menurut sumber cerita dari para sesepuh Desa Jatigembol masa kini, bahwa terjadinya Desa Jatigembol dimulai sejak Jaman Belanda. Jatigembol adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Di Desa Jatigembol mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Desa Jatigembol dibagi menjadi 4 dusun, yakni Dusun Sumberagung, Dusun Pilangrejo, Dusun Jatigembol, dan Dusun Wates.


Konon dalam cerita sejarah babat Desa Jatigembol,diawali dari kedatangan sekelompok pendatang yang menebang hutan jati untuk dipergunakan sebagai tempat tinggal. Namun dalam cerita pada saat penebangan pohon jati tersebut,ada salah satu pohon jati yang besar yang tidak dapat ditebang. Pohon jati tersebut disamping besar juga memiliki gembol. Oleh sekelompok pendatang tersebut pohon yang tidak dapat ditebang itu,kemudian dikeramatkan atau dijadikan punden.


Dalam perkembangannya,disekitar punden tersebut didirikan rumah atau tempat tinggal yang tiap tahun semakin berkembang. Oleh sekelompok warga pendatang tersebut,sepakat untuk menamai wilayah yang dihuni dengan sebutan “JATIGEMBOL”. Kata Jatigembol berasal dari suku kata”JATI” dan “ GEMBOL”, Jati yang berarti pohon jati dan kata Gembol yang mempunyai arti gundukan yang melekat pada pohon jati tersebut. Sehingga kata “ JATIGEMBOL” dapat diartikan pohon jati yang mempunyai gembol. Dengan pemberian nama Jatigembol tersebut, masyarakat pada saat itu percaya dan berharap akan mendapat suatu pengayoman dalam kehidupannya.

Sebagai penanda hari jadi atau weton, menurut kalender Jawa disepakati hari JUM’AT PON. Dimana masyarakat setempat setiap malam Jum’at Pon mengadakan suatu ritual di punden Jatigembol sebagai bentuk rasa syukur pada Sang Pencipta.
Dalam perkembangannya masyarakat Jatigembol memandang perlu adanya pemerintahan yang tujuannnya untuk memimpin dan mengatur masyarakat di wilayah Jatigembol. Menurut sumber data yang diperoleh dari berbagai narasumber, Peminpin Desa Jatigembol yang pertama sampai kedelapan belum diketahui, baru pemimimpin Desa yang kesembilan diketahui bernama Bapak COKRO DIMEDJO.

Share and Enjoy !

Shares